Selamat Datang di Blogku..jangan lupa tinggalkan jejak..^^, Semangat !! untuk jadi ahli ekonomi islam!! Selamat datang dalam kehidupanku, sebuah cerita dari perjalananku mencari sebuah arti hidup.

Saturday 26 March 2011

Sisi Negatif Kapitalis: Beggar thy neighbour!


Bingung dengan judul diatas? Begini kita tahu bahwasannya ekonomi kapitalisme sejak lahir telah cacat karena berasal dari rahim rahim pemikir pemikir yang lupa akan Tuhannya.

Nah banyak penelitian serta artikel yang menunjukkan sisi sisi negative dari ekonomi kapitalis. Salah satunya adalah bersifat self destructive (untuk penjelasan akan hal ini bisa dilihat disini [1]). Penjabaran akan hal ini sama sekali tidak pernah diajarkan disepanjang bangku perkuliahan ekonomi diseluruh pelosok negeri (kecuali jurusan ekonomi syariah). Nah yang lebih mengejutkan lagi ternyata disadari atau tidak berdasarkan sejarah perjalanannya. Ekonomi kapitalis juga memiliki sifat Beggar thy neighbor (korbankan tetanggamu) [2].

Kesimpulan ini muncul dari pemahaman Keynes dalam General Theory. [3] Masalah relasi relasi ekonomis internasional yang tidak didiskusikan Keynes dibicarakan oleh orang sezamannya yang masih muda yakni Joan Robinson [4], yang menyatakan bahwa di bawah dampak depresi sebagian besar bangsa bangsa menganut prinsip Beggar thy neighbor.

Mereka telah menerapkan kebijakan proteksionisme, devaluasi kompetitif dan alat alat serupa yang semuanya bertujuan untuk memulihkan keuntungan keuntungannya sendiri dari perdagangan dengan merugikan bangsa bangsa lain. Joan Robinson merujuk pada komentar komentar yang diajukan Keynes mengenai merkantilisme dan berargumen bahwa pada masa masa pengangguran tersebar ke seluruh dunia suatu negeri dapat menambah lapangan kerja dan total produksinya dengan sangat baik dengan jalan mengorbankan para saingan.


Cara paling jelas untuk memperbaiki neraca perdagangan negative adalah devaluasi [5] mata uang nasional karena hal ini membuat ekspor lebih murah dan impor lebih mahal sehingga langsung lebih efektif ketimbang gabungan bea proteksi dengan sibsidi ekspor.

Di bawah dampak depresi sebagian besar devaluasi dipercepat oleh keseimbangan akut krisis pembayaran yang tidak meninggalkan pilihan lain kepada pemerintah yang bersangkutan.

Tetapi ada juga pilihan sukarela dan agak sengaka, yang paling meninjol ialah devaluasi dolar AS pada 1933, yang tidak disebabkan oleh masalah masalah luar tetapi lebih karena ditujukan untuk mngimpor dosis tertentu inflasi untuk mereflasi ekonomi domestic.inflasi yang diimpor biasanya datang sebagai konsekuensi tak diinginkan dari suatu devaluasi pada waktu itu secara sengaja disebabkan oleh presiden Roosevelt dan para penasehatnya. (berikut ini disadur dari buku Great Depression terbitan Imperium karya dari Dietmar Rothermund)


Nah, kata kata Beggar thy neighbor ini saya temukan dalam tulisan Joan Robinson. Yang sayangnya tidak terlalu diperinci, kisah konkrit tentang hal ini lebih rinci bisa kita lihat lebih jauh pada era great depression of America pada tahun 1929-1939. Dari tulisan Joan Robinson tersebut secara ngga sadar system ekonomi kapitalis memiliki sisi buruk jika terjadi krisis maka akan mengorbankan ‘tetangga sendiri’. Hal ini dikupas mendalam dalam buku Great Depression karya dari Dietmar Rothermund. Berbagai fakta menarik selama ini rasa rasanya cukup untuk menampar kita semua, mengapa kita masih berpegang teguh pada ekonomi kapitalis?

Sejak keluar dari krisis di tahun 1939 tak terhitung berapa kali amerika mengorbankan tetangga tetangga mereka sendiri demi kokohnya perekonomian mereka. Membunuh pejabat pemerintahan jepang yang bersikukuh mengunakan mata uang emas di tahun 1931, turut serta dalam perusakan ekonomi turki ustmaniyah, turut campur dalam pengrusakan tatanan ekonomi sosialis, dan di era sekarang rasa rasanya teramat jelas bagaimana mereka mengorbankan banyak jiwa jiwa tak berdosa demi kokohnya dominasi amerika di tengah kancah ekonomi dunia.

Bersambung…

(saran saya silahkan baca tulisan Joan Robinson dan Dietmar Rothermund tentang hal ini, dari sana anda akan menemukan banyak fakta fakta yang coba ditutupi oleh pemerintahan amerika tentang kelemahan kapitalisme,keunggulan standar emas, juga cara cara licik mereka untuk tetap membuat amerika sekedar bernafas dari penantian siklus krisis ekonomi. Untuk kelanjutan artikel ini masih dalam proses kelengkapan sumber sumbernya)


___________________________________________
Silahkan akses juga

1. http://hizbut-tahrir.or.id/2007/07/02/sistem-ekonomi-kapitalis-self-destructive/ (diakses sabtu 26 maret 2011)

2. Silahkan baca langsung tesis Joan Robinson ttg Beggar thy neighbor untuk tambahan akses juga http://en.wikipedia.org/wiki/Joan_Robinson (diakses sabtu 26 maret 2011) atau bisa jug abaca buku dengan judul Great Depression terbitan Imperium karya dari Dietmar Rothermund (http://www.bridgetoindia.com/home/team.htm, diakses sabtu 26 maret 2011)

3. Sebuah buah pikiran J.M Keynes, baca juga http://www.freerepublic.com/focus/f-news/2629201/posts (diakses sabtu 26 maret 2011)

4. http://en.wikipedia.org/wiki/Joan_Robinson (diakses sabtu 26 maret 2011)

5. penurunan nilai mata uang “secara sengaja” dan diumumkan atau kebijaksanaan pemerintah dengan menurunkan nilai mata uang sendiri (dalam negeri) terhadap mata uang asing, tujuannya adalah untuk mendorong ekspor dan membatasi impor.

No comments:

Post a Comment